Category: Marketing

  • Brand Switching Analysis dal am Bisnis Ritel Modern di Indonesia

    MARKETING.co.id – Dalam periode enam tahun terakhir, dari tahun 2007–2012, jumlah gerai ritel modern di Indonesia mengalami pertumbuhan rata-rata 17,57% per tahun. Pada tahun 2007, jumlah usaha ritel di Indonesia masih sebanyak 10.365 gerai, kemudian pada tahun 2011 mencapai 18.152 gerai tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia. Pertumbuhan jumlah gerai tersebut tentu saja diikuti dengan pertumbuhan…

  • Word Of Mouth Marketing: Strategi Marketing Cepat, Gratis, Luas

    Word of Mouth atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan. Beberapa orang pemasar mempunyai pandangan yang skeptis dan memandang rendah promosi macam ini, karena seringkali promosi macam ini memerlukan biaya yang sangat kecil, dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Promosi macam ini juga bisa…

  • Marketing Intelligence

      Marketing Intelligent adalah kumpulan dan analisis sistematis dari informasi yang tersedia secara umum mengenai pesaing dan perkembangan di pasar. Adapun Tujuan Intelijen Pemasaran: -memperbaiki pengambilan keputusan strategis, -menilai dan melacak tindakan pesaing, -memberikan peringatan dini tentang peluang dan ancaman. MI dilakukan oleh hampir semua perusahaan di seluruh dunia. Dalam era big data sekarang ini, peluang sekaligus tantangan…

  • Pemanfaatan Internet di Indonesia Berdasarkan Data APJII

    Seberapa tahan Anda untuk menahan diri tidak menyentuh perangkat komputasi yang dimiliki untuk mengakses internet? Mungkin akan banyak orang yang menyetujui, jika  saat ini konektivitas internet sudah bergeser, dari yang tadinya masuk ke dalam kebutuhan tersier ke kategori kebutuhan sekunder. APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dalam publikasi risetnya yang merangkum lanskap pengguna teknologi di…

  • Telkomsel Seriusi Bisnis Tcash

      Penetrasi penggunaan smartphone dengan teknologi canggih di kalangan masyarakat Indonesia kian meningkat. Berbagai layanan yang berkembang makin membuat masyarakat nyaman melakukan berbagai hal dari sentuhan layar ponselnya. Potensi ini pula yang membuat Telkomsel makin mantap untuk meneruskan pengembangan dan pemasaran layanan mobile payment yang dimilikinya T-Cash. Namun apakah pangsa pasar di Indonesia secara umum sudah siap dengan teknologi ini,…

  • Alibaba Akuisisi Lazada

    Raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba secara resmi mengumumkan telah mengakuisisi layanan mayoritas saham marketplace terbesar di Asia Tenggara Lazada dengan nilai total sebesar $1 miliar. Valuasi Lazada secara total adalah $1.5 miliar. Lazada kini beroperasi di enam negara Asia Tenggara. Alibaba menyebutkan akuisisi ini terdiri dari investasi baru senilai $500 juta dan pembelian saham, dari pemilik saham…

  • Dampak Akuisisi Lazada oleh Alibaba, Mampukah bisnis E-commerce dalam negeri bersaing?

    Tahun ini dua berita besar datang menghampiri industri e-commerce yang sedang bergeliat di Indonesia. Pertama pengumuman di bulan April lalu, akuisisi e-commerce Lazada oleh Alibaba. Kemudian belum lama ini berita kedua mencuat, yakni seputar rencana kedatangan pemain e-commerce kawakan Amazon ke pangsa pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Lantas apa saja konsekuensi yang mungkin terjadi ketika kedua pemain tersebut, Alibaba dan Amazon, yang mulai memainkan bisnisnya…

  • Zone of Tolerance

    Mungkin anak zaman sekarang tidak percaya bahwa untuk memesan sambungan telepon di rumah saja kita butuh waktu berbulan-bulan. Kini saat Anda mendaftarkan telepon rumah, maka telepon Anda sudah langsung berdering saat tiba di rumah. Ketika telepon seluler baru saja hadir di Indonesia, Anda tidak bisa langsung mendapatkan nomor. Kini Anda tinggal membeli nomor dan langsung…

  • Menyelaraskan Website dan Media Sosial

    Strategi digital marketing sangat marak diimplementasikan oleh perusahaan kecil, menengah maupun perusahaan besar. Namun dari penerapan pemasaran digital tersebut mungkin saja terjadi informasi atau promosi yang tidak berkesinambungan. Artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk perusahaan yang menerapkan digital marketing menggunakan media website atau media sosial.. Check it out.. 🙂 Pengguna media sosial di Indonesia…

  • Infografik: 10 Faktor Teratas yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian

    Berdasarkan Yahoo!, diketahui 62% pembeli melakukan riset barang di gerai sebelum mereka membeli melalui online. Berikut informasi lebih lanjut mengenai apa yang membuat web shoppers menjadi buyers. Pertanyaan yang masih menjadi misteri dalam pemasaran: Apa yang menggerakkan konsumen untuk benar-benar membeli? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, infografik minggu ini dari berbagai studi memberitahukan kita sepuluh faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian,…