Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian


Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mitsubishi Pajero Sport

(Studi Kasus di PT. Srikandi Diamond Motors Bandung)

  

Febriansyah Rahman Wibisana1, Bethani Suryawardani2

Fakultas Ilmu Terapan, Telkom University

Email : [email protected]1, [email protected]2

ABSTRAK

Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan, karena tanpa komunikasi pemasaran yang baik konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Ketertarikan konsumen terhadap produk merupakan tantangan bagi perusahaan, oleh karena itu perusahaan perlu merancang strategi pemasaran yang tepat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Pengumpulan data melalui kuesioner. Uji data melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis.

Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa Advertising (X1), Personal Selling (X2), dan Sales Promotion (X3) berpengaruh sebesar 45.1% terhadap Keputusan Pembelian. Uji hipotesis secara parsial diperoleh kesimpulan bahwa advertising (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. personal selling (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan sales promotion (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

Keywords: Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian

 

Penelitian ini sudah dipublish pada:

Prosiding, Seminar Nasional Teknologi Terapan, Sekolah Vokasi UGM, ISBN: 978-602-1159-06-4


Leave a Reply